Wow, Ternyata Steve Jobs Ingin Hancurkan Android


Jakarta - Buku biografi mengenai Steve Jobs akan diluncurkan pada 24 Oktober mendatang. Beberapa bocoran mengenai isi buku ini menyita perhatian publik, terutama kebencian mendalam Jobs terhadap Android, yang disebutnya sebagai “produk curian”. Walter Isaacson, penulis biografi ini, menyatakan bahwa Steve Jobs naikpitam setelah Google meluncurkan Android untuk produk HTC pada 2010 silam, yang menyertakan beberapa fitur populer dari Apple.

steve

Dikutip dari Yahoo News, Jumat, 21 Oktober 2011, Associated Press memberitakan bahwa kemarahannya itu bahkan berujung pada tekadnya untuk menghancurkan Android. "Jika perlu, sampai hembusan nafas terakhirku, dan setiap penny dari US$ 40 juta rekening Apple di bank, untuk memberi keadilan pada sesuatu yang salah ini," seperti tertulis dalam buku tersebut.

"Saya akan menghancurkan Android, karena ini adalah produk curian. Saya bersedia melakukan perang nuklir untuk ini," ujarnya menambahkan. Dalam pertemuan dengan Eric Schmidt, CEO Google yang juga mantan petinggi Apple, di Palo Alto, California, Jobs menolak untuk membatalkan tuntutan hukum yang diajukan Apple.

"Saya tak mau uangmu. Kalaupun Anda menawarkan US$ 5 miliar, saya tetap tidak mau. Saya punya banyak uang. Saya ingin Anda berhenti menggunakan ide-ide kami dalam Android, itu yang saya mau," ujar Jobs, seperti tertulis dalam buku. Selain masalah Android, biografi ini mengulik berbagai sisi seorang Steve Jobs. Biografi ini menceritakan bahwa Jobs adalah orang yang skpetis selama hidupnya.

Ia juga menyebut para eksekutif Apple yang memecatnya pada 1985 sebagai 'orang-orang rusak' yang hanya mementingkan bagaimana cara mencetak uang. Jobs sendiri menyebutkan dirinya jauh lebih mementingkan bagaimana membuat produk yang hebat. Dalam biografinya ini, Jobs yang sangat menggandrungi kelompok band The Beatles, ternyata sempat menunda melakukan operasi selama sembilan bulan, setelah mengetahui dirinya mengidap neuroendocrine tumor, kanker pankreas yang cukup langka, pada Oktober 2003.

Ia lebih memilih melakukan pengobatan alternatif, mulai dari diet vegan, akupuntur, ramuan herbal, dan pengobatan lain yang ia temukan via internet. Keengganan Jobs melakukan operasi karena ia tidak ingin orang 'membelah' tubuhnya. Isaacson mengatakan Jobs agak menyesali keputusannya menunda operasi ini.

Seperti diketahui kemudian, Jobs meninggal pada 5 Oktober 2011, hanya sehari setelah iPhone meluncurkan iPhone 4S, yang bagi sebagian orang merupakan singkatan dari “iPhone For Steve”.

Sumber : tempo.co